Proposal Pendirian Usaha Kecil
by hnurina
Toko Online
A. PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Pendirian Usaha
Saat ini teknologi internet sudah
sangat maju dan berkembang di dunia. Dengan adanya internet kita bisa
mengetahui informasi apapun yang ada di seluruh dunia, di belahan bumi manapun.
Internet memudahkan kita melakukan berbagai aktifitas, contohnya berbelanja.
Kini belanja online sudah tidak asing lagi. Barang yang diperjual belikan pun
beragam. Ada toko online pakaian, aksesoris, elektronik, dan lain-lain.
Toko online memudahkan para wanita
karir khususnya, yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk pergi
berbelanja. Kita juga tidak perlu bersusah payah untuk menghadapi kemacetan dan
mengkhawatirkan cuaca. Dengan begitu, tidak perlu bepergian jauh untuk
berbelanja, cukup dengan menggunakan internet segala keinginan dan kebutuhan
kita dapat terpenuhi.
2.
Identitas Usaha
Nama
Toko :
“Una Shop”
Pemilik
: Hilda Nurina
B. SASARAN USAHA
Target pelanggan toko online ini
adalah pria dan wanita dari semua kalangan, anak-anak, remaja, dan orang
dewasa. Umumnya mereka yang tidak memiliki waktu luang untuk pergi berbelanja
memilih-milih barang kebutuhan.
C. JENIS USAHA
Jenis usaha yang direncanakan adalah
:
1.
Menjual pakaian pria : jas, kemeja, celana, t-shirt, jaket, dll.
2.
Menjual pakaian wanita : kemeja, t-shirt, dress, celana, rok, blouse, blazer,
dll.
3.
Menjual pakaian anak-anak : kemeja, t-shirt, celana, rok, sweater, dll.
4.
Menjual sepatu pria dan wanita
5.
Menjual tas
6.
Menjual aksesoris : ikat pinggang (belt), bros, scraft, dll.
D. MODAL DAN KEUNTUNGAN
Dalam merencanakan pengelolaan
usaha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis potensi pasar
berdasarkan jenis produk, minat, dan daya beli pelanggan.
Membuat Analisis Usaha
Modal awal :
·
Pakaian pria
Rp. 700.000,-
·
Pakaian
wanita
Rp. 1.000.000,-
·
Pakaian
anak-anak
Rp. 500.000,-
·
Sepatu
Rp. 500.000,-
·
Tas
Rp. 500.000,-
·
Aksesoris
Rp. 300.000,- +
Rp. 3.500.000,-
Asumsi penjualan per bulan :
·
Pakaian
pria
Rp. 500.000,-
·
Pakaian
wanita
Rp. 800.000,-
·
Pakaian anak-anak Rp. 250.000,-
·
Sepatu
Rp. 300.000,-
·
Tas
Rp. 250.000,-
·
Aksesoris
Rp. 150.000,- +
Rp. 2.250.000,-
Biaya-biaya :
·
Listrik
Rp. 100.000,-
·
Telepon
Rp. 100.000,-
·
Internet
Rp. 350.000,-
·
Biaya tak terduga Rp.
150.000,- +
Rp. 700.000,-
Laba
Rp.
1.550.000,- ÷
Perkiraan balik modal :
2,3 kali
E. ANALISIS SWOT
Sebelum memulai suatu usaha kita
harus tahu hal-hal yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut
diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan
(opportunity), dan ancaman (treat). Berikut adalah beberapa hal dari
masing-masing aspek:
a.
Strength
1.
Dapat melakukan penjualan ke seluruh dunia, tidak dibatasi wilayah
2.
Tidak memerlukan bangunan fisik (modal besar)
3.
Tidak harus mempekerjakan pegawai
4.
Toko online buka 24 jam sehari, tanpa libur
5.
Bisa dioperasikan dimana saja dan kapan saja selama ada akses internet
6.
Bentuk dan sistem pembayaran yang cukup aman dan dapat ditentukan
sendiri sesuai kebutuhan, cth: via transfer bank, paypal, dll.
7.
Cara pengiriman dapat disesuaikan dengan kondisi
b.
Weakness
1.
Barang hanya bisa dilihat dengan adanya akses internet
2.
Harga menjadi lebih mahal karena ada ongkos kirim ke tempat pelanggan
3.
Membutuhkan daya internet yang cukup besar
4.
Diperlukan keahlian khusus untuk membuat dan menjalankan toko online
c.
Opportunity
1.
Memberikan keuntungan yang cukup besar
2.
Prospek menjanjikan bila dikembangkan
3.
Peminatnya setiap bulan meningkat
d.
Threat
1.
Banyak jenis usaha yang sama
2.
Banyak pesaing baru
3.
Persaingan harga dengan para pesaing lain
4.
Pesaing mengeluarkan produk baru yang lebih inovatif
F. PENUTUP
Toko online bisa menjadi salah satu
alternatif peluang usaha yang dapat dijalankan tanpa harus meninggalkan rumah
dan segala aktivitas keseharian. Berjualan di toko online sama seperti
berjualan ditoko biasa, bedanya hanya tidak membutuhkan bangunan fisik tetapi
membutuhkan website untuk memasarkan produk.
Toko online lebih memberikan
kemudahan kepada pelanggan, yaitu penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi
tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini membuat transaksi menjadi
lebih cepat dan mudah. Selain itu berbelanja online juga memberikan kenyamanan.
Tidak perlu berpergian ke pusat perbelanjaan, tidak perlu meninggalkan rumah,
cukup dengan membuka sebuah situs belanja online dan meng-klik mouse barang
yang diinginkan. Kita bisa belanja dengan tenang tanpa terburu-buru karena toko
online buka 24 jam. Barang yang ada pun dapat diperbarui dengan mudah daripada
dicetak di brosur atau katalog. Mendirikan toko online merupakan bisnis yang
cukup menjanjikan.
Komentar